Kamis, 15 September 2016

Jenis Pakan Yang Baik Untuk Pertumbuhan Ikan Guppy


makanan anak ikan guppy
www.youtube.com

Makanan untuk Ikan hias guppy atau ikan gobi  tidaklah terlalu sulit, di alam bebas yang menjadi pakan ikan hias guppy atau ikan gobi  ialah plankton dan binatang air yang renik serta lelumutan yang banyak tersedia di alam. Sedangkan, pada dalam kolam pembudidayaan makanan ikan hias guppy atau ikan gobi  terbagi dua, yaitu makanan buatan dan makanan alami.

Yang dinamakan dengan pakan buatan diantaranya adalah; pelet, tahu putih, roti tawar, kuning telur yang sudah direbus atau sisa-sisa makanan kita, sedangkan makanan alami ikan hias guppy atau ikan gobi  bisa berupa kutu air, microworm, jentik nyamuk, cacing halus dan yang lainnya.
Dalam hal pemberian pakan, sebaiknya pakan ikan hias guppy atau ikan gobi  seimbangkan antara pakan alami dan makanan buatan, hal ini untuk menjaga pertumbuhan ikan hias guppy atau ikan gobi  agar optimal.
Pakan buatan bisa dijadikan pakan utama sedangkan makanan yang lain bisa dijadikan makanan pengganti. Dalam memilih pelet sebaiknya perhatikan kualitasnya dan pastikan bahwa itu pelet yang berkualitas.

ikan molly balon
freshwateraquatics.co.uk

Jangan sekali-kali memilih pelet yang murah tanpa memperhatikan kualitasnya. Tentunya hal ini bukan tindakan yang bijaksana.
Dalam hal pemberian pakan, hendaknya makanan pengganti diberikan dua atau tiga kali dalam seminggu, bisa berupa makanan alami atau bisa juga pakan buatan yang berupa tahu atau roti tawar.
Tahu dan roti tawar sangat disarankan karena sangat baik untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh ikan hias guppy atau ikan gobi  dari berbagai penyakit, terutama buat burayak atau anakan ikan hias guppy atau ikan gobi.
Akan tetapi, porsi pakan harus senantiasa diawasi sebab apabila terlampau banyak maka akan menjadi tumpukan sampah dan jika sisa pakan tersebut tidak segera diangkat dikhawatirkan akan menjamur dan menimbulkan datangnya berbagai macam bibit penyakit.
Jentik nyamuk sangat baik untuk indukan yang sedang dalam tahap perkawinan, umumnya berdasarkan dari pengalaman indukan yang diberi makanan berupa jentik nyamuk hasil produksi telurnya akan lebih optimal.

budidaya ikan molly
virqfarm.wordpress.com

Sedangkan, Microworm sangat baik diberikan kepada burayak atau anakan ikan hias guppy atau ikan gobi yang baru lahir minimal berusia tiga hari sampai satu minggu.
Burayak yang baru menetas memiliki cadangan makanan untuk beberapa hari kemudian pemberian makanan microworm difungsikan sebagai nutrisi sekaligus makanan yang bergizi sebelum diberi makanan buatan berupa pelet.
Pada umumnya burayak yang dikenalkan dengan pakan microworn terlebih dulu sebelum pelet memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tingkat kematian burayak pun sangat rendah.
Akan tetapi, pemberian pakan terbaik bagi ikan hias guppy atau ikan gobi  adalah pakan alami (kutu air). Hal ini dapat membuat ikan lebih gesit dalam bergerak dan warna ikan pun akan menjadi lebih bagus.
Sedangkan kelemahan pemberian pakan buatan, seperti pelet ataupun roti bisa membuat air cepat keruh serta gampang terkena lumut yang mengakibatkan bersarangnya penyakit-penyakit yang berbahaya bagi ikan hias guppy atau ikan gobi  itu sendiri.





media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

1 komentar: