Kamis, 15 September 2016

Panduan Budidaya Ikan Guppy Untuk Hasil Terbaik


ikan goby
carabudidayaikann.blogspot.com

10 Cara Budidaya Ikan hias guppy atau ikan gobi-Dari seluruh jenis ikan hias yang ada, bagi para kolektor bahkan pembudidaya ikan hias, ikan hias guppy atau ikan gobi  adalah ikan hias yang paling populer, dan paling favorit serta digemari, baik bagi para pembudidaya pemula, maupun komersial.
Hal ini bukan tanpa alasan, ikan hias guppy atau ikan gobi  dipilih karena dari berbagai jenis ikan hias yang ada, tidak ada ikan akuarium yang memiliki keragaman jenis sebanyak ikan hias guppy atau ikan gobi .
Selain itu, keragaman corak warna pada ikan hias guppy atau ikan gobi  lebih kaya dan variatif. Saat ini sudah banyak orang yang membudidayakan ikan hias yang satu ini.
Mulai dari hanya sekedar seorang penggemar atau kolektor yang bertujuan untuk kesenangan semata hingga para pembudidaya yang melakukan pembiakan secara itensif dan modern untuk tujuan komersial serta ingin menghasilkan ikan hias guppy atau ikan gobi  yang lebih kaya dengan corak warna yang lebih unik dan variatif lagi.

10 Cara Budidaya dan Memelihara Ikan Guppy

amerika selatan
www.pinterest.com

Guppy atau ikan Poecilia reticulata yaitu ikan jenis air tawar yang mudah berkembang biak. Tempat tinggal ikan hias guppy atau ikan gobi  di danau dan sungai dengan karakter air yang tenang. Selain itu, Ikan ini juga dapat bertahan hidup di air payau yang mengandung garam.
Ikan hias guppy atau ikan gobi  memiliki kampung halaman di daerah Amerika bagian Tengah dan Selatan. Baru masuk ke Indonesia pada tahun 1920 sebagai ikan hias akuarium. Kemudian lambat tahun ikan ini hidup bebas di alam liar serta berkembang biak dengan sangat cepat.
Saat ini Ikan hias guppy atau ikan gobi  bisa kita temukan di hampir seluruh air tawar yang ada di Indonesia.
Ikan Guppy merupakan Ikan yang populer banyak dijadikan sebagai ikan hias untuk akuarium karena keanggunan warna dan bentuk siripnya. Terlebih ikan hias guppy atau ikan gobi  jantan, karena hanya jantan yang mempunyai sirip yang indah dan hidup.
Sedangkan ikan guppy betina cenderung berwarna tikar dan kusam. Tidak beda jauh dengan ikan cupang.
Budidaya ikan hias guppy atau ikan gobi  tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Cukup dengan peralatan sederhana di rumah, kita dapat melakukan pengembangbiakan ikan ini.
Berikut ini Adalah Langkah-Langkah Budidaya Ikan hias guppy atau ikan gobi

1. Peralatan budidaya ikan hias guppy atau ikan gobi

ikan hias
carabudidayaikann.blogspot.com

Sebelum kita mulai membudidayakan ikan hias guppy atau ikan gobi , berikut adalah peralatan yang diperlukan untuk budidaya ikan hias guppy atau ikan gobi, peralatan tersebut antara lain adalah:
  • tempat yang higienis dan pastikan steril,
  • Aerator, adalah pompa air khusus untuk akuarium yang berguna untuk menghasilkan gelembung-gelembung dan oksigen,
  • Tanaman air,
Tempat yang digunakan untuk pemijahan dapat berupa akuarium kaca atau bak semen, serta bak plastik.
Wadah atau tempat yang diperlukan untuk membudidaya ikan hias guppy atau ikan gobi  memiliki empat fungsi, yaitu:
  • 2 wadah dimanfaatkan untuk memisahkan indukan,
  • 1 wadah dimanfaatkan untuk melakukan perkawinan,
  • 1 wadah dimanfaatkan untuk penetasan,
  • 1 wadah dimanfaatkan untuk pembibitan dan peliharaan larva.
Ukuran luas wadah yang digunakan untuk membudidayakan ikan hias guppy atau ikan gobi bervariasi, disesuaikan dengan banyaknya ikan yang akan dibudidayakan.
Sedangkan, ketinggian ke 5 wadah diatas setidaknya 30 cm, kecuali tempat pembibitan. Ketinggian wadah pembibitan dan pemeliharaan minimal 50 cm.

2. Proses memilih Indukan Ikan Hias Guppy berkualitas

makanan anak ikan guppy
www.youtube.com

Perbedaan antara indukan pejantan dan betina mampu kita perhatikan dari sisi bentuk tubuhnya. Indukan betina ikan hias guppy atau ikan gobi  memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat dengan corak warna yang cenderung kusam serta kurang menarik dan tidak memiliki sirip yang menjumbai.
Sementara ikan pejantan memiliki corak warna yang hidup dan bercahaya, selain itu, tubuhnya lebih langsing dengan sirip yang panjang menjumbai.
Ukuran tubuh ikan hias guppy atau ikan gobi  betina pada umumnya lebih besar daripada ikan hias guppy atau ikan gobi  pejantan. Indukan yang siap untuk melakukan perkawinan paling tidak sudah berusia 4 bulan.
Warna dan bentuk ikan hias guppy atau ikan gobi  sangat dipengaruhi oleh faktor genetik. Untuk menghasilkan yang optimal sangat disarankan untuk memilih indukan yang unggul.

3. Pemisahan Indukan

ikan molly balon
freshwateraquatics.co.uk

Sebelum kita melakukan pemijahan ikan hias, pisahkan terlebih dulu antara indukan pejantan dan betina. Setelah dipisahkan. Wadah indukan diisi dengan air bersih dan disetiap 1-3 hari, air diganti dengan air yang baru.
Cara menggantinya adalah dengan menyisakan air lama sebanyak sepertiga dari total air yang ada kemudian air ditambah dengan air yang baru.
Berbeda dengan proses pemijahan ikan hias pada umumnya, pemijahan dilakukan sambil kita beri pakan yang ber kualitas . Hal ini bertujuan untuk memperoleh sperma dalam jumlah yang banyak dan berkualitas agar proses pembuahan berjalan sacara optimal.
Jangan lupa juga berikan makanan pendukung seperti daphnia atau moina sebanyak 2 X sehari. Hal ini dilakukan dengan harapan untuk mempercepat bila proses perkawinan.

4. Proses persilangan ikan hias guppy

makanan anak ikan guppy
www.youtube.com

Sebelum pemijahan berlangsung kita harus menyiapkan wadah terlebih dahulu, wadah perkawinan diisi dengan air bersih yang telah diendapkan minimal 24 jam. Ketinggian air pada wadah perkawinan minimal memiliki kedalaman 25 cm.
Proses pemijahan dilakukan dengan cara menebar indukan secara padat pada wadah setiap 100 liter air terdiri dari 30 ekor indukan ikan hias guppy atau ikan gobi .
Pada umumnya untuk ukuran akuarium lebar 1 x 0,5 meter, cukup untuk menampung 30 ekor indukan, yang terdiri dari 10 pejantan dan 20 betina ikan hias guppy atau ikan gobi .
Jika memungkinkan siapkan tanaman air seperti hydrilla yang difungsikan sebagai tempat ikan bermain. Perkawinan ikan bisa dilakukan secara bersamaan atau bisa juga satu-satu.
Persilangan secara bersamaan sangat dianjurkan karena lebih cepat, juga lebih ekonomis dan praktis.
Komposisi persilangan antara indukan ikan hias guppy atau ikan gobi  pejantan dan ikan betina umumnya 1: 5. Akan tetapi jika Anda ragu maka anda bisa mengubah komposisinya menjadi 1: 2.
Tahapan pertamanya adalah memasukkan induk ikan hias guppy atau ikan gobi  betina pada pagi hari. Kemudian baru pada saat sore hari, kita bisa menambahakan induk jantan ikan hias guppy atau ikan gobi.
Pada waktu proses pemijahan berlangsung, tidak semua ikan bertelur pada hari yang sama. Umumnya proses pemijahan dibiarkan selama 4-7 hari.
Indukan betina ikan hias guppy atau ikan gobi  sesegera mungkin dipisahkan dengan wadah pemijahan agar proses penetasan burayak dapat berjalan dengan optimal.

5. Proses Penetasan Benih

jual ikan hias air tawar
freshwateraquatics.co.uk

Tempat penetasan diisi dengan air bersih dan diberi aerasi. Pemberian aerasi tidak terlalu kuat agar tidak mengganggu larva ikan.
Kualitas air harus senantiasa dipelihara dengan cara mengganti air lama dengan air baru setiap 1-3 hari sekali. Jangan lupa juga tambahkan nutrisi tambahan untuk beruyak berupa daphnia atau moina.
Ikan hias guppy atau ikan gobi  betina memiliki kemampuan untuk menyimpan sperma dalam tubuhnya. Sehingga indukan betina dapat hamil sebanyak 1-3 kali dalam satu setiap konsepsi. Waktu yang dibutuhkan dari kehamilan awal ke kehamilan berikutnya sekitar 1-5 pekan.
Setiap bertelur, ikan hias guppy atau ikan gobi  bisa menghasilkan 3000-10000 telur, Akan tetapi dari semua telur yang ada tidak semua telur menetas dengan sempurna.
Burayak yang telah menetas harus segera dipindahkan ke wadah pendederan benih agar burayak atau anakan ikan hias guppy atau ikan gobi  dapat berkembang lebih optimal di tempat yang baru.

6. Pendederan Benih

ikan hias
carabudidayaikann.blogspot.com

Kolam harus diletakkan di tempat terbuka. Cahaya matahari dibutuhkan ikan hias guppy atau ikan gobi  agar menghasilkan ikan hias guppy atau ikan gobi  yang berwarna cerah dan indah.
Akuarium yang bias digunakan oleh pembudidaya ikan hias guppy atau ikan gobi  berukuran 1 x 1 x 0,5 meter atau 2 x 2 x 0,5 meter sebagai tempat pembibitan.
Jangan lupa tambahkan tumbuhan air seperti hydrilla atau eceng gondok sebagai tembat bernaung ikan hias guppy atau ikan gobi . Berikan aerasi pada akuarium agar sirkulasi oksigen dapat berjalan secara optimal.
Isi akuarium dengan air sampai ketinggian minimal 40 cm. Air perlu rajin dikuras seminggu 3 kali hal ini bertujuan agar bibit kuman dan penyakit tidak dapat berkembangbiak dalam wadah.

7. Pemberian Makanan

ikan goby
carabudidayaikann.blogspot.com

Untuk burayak atau ikan hias guppy atau ikan gobi  yang baru saja menetas tidak perlu diberikan pakan tambahan terlebih dahulu karena burayak masih memiliki makanan cadangan yang merekat di perutnya sampai kurang lebih 3-5 hari.
Kemudian, benih bisa diberikan makanan tambahan berupa Artemia (organisme) atau kutu air (Daphnia dan moina) yang telah disaring. Setelah lebih dari 20 hari, burayak atau anakan ikan hias guppy atau ikan gobi  mampu diberi makanan tambahan berupa kuning telur rebus dan cacing sutra.

8. Ikan Siap Dipelihara Dalam Akuarium

jual ikan guppy
1080.plus

Ikan hias guppy atau ikan gobi  yang telah berumur 20 hari bisa kita bedakan antara ikan hias guppy atau ikan gobi pejantan dan betina. Ikan hias guppy atau ikan gobi yang banyak kita temukan di pasaran dan dipelihara oleh banyak orang adalah ikan hias guppy atau ikan gobi jantan.
Hal ini karena hanya ikan hias guppy atau ikan gobi  jantan saja yang memiliki corak warna yang indah dan menyala. Sedangkan, ikan hias guppy atau ikan gobi  betina hanya difungsikan sebagai indukan.
Ikan hias guppy atau ikan gobi  bisa kita perjualbelikan saat memasuki usia satu bulan atau 30 hari. Hal tersebut dikarenakan ikan hias guppy atau ikan gobi  yang sudah berusia satu bulan sudah matang dan memiliki daya tahan tubuh yang baik.
Keberhasilan pengembangbiakan ikan hias guppy atau ikan gobi  dipengaruhi oleh jumlah kelahiran ikan jantan. Karena hanya ikan pejantan saja yang memiliki warna yang menarik dan indah serta layak dijadikan sebagai ikan hias akuarium.
Selain itu keindahan ikan hias guppy atau ikan gobi  jantan dapat kita lihat pada bentuk siripnya yang lebar dan berwarna menarik.

9. Penjualan Ikan guppy hias

ikan guppy hias
grosir-kulakan.blogspot.com

Bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari budidaya ikan hias guppy atau ikan gobi dapat menjual Ikan hias guppy atau ikan gobi  di pasar ikan hias terdekat atau melalui media online.
Dengan kemajuan teknologi saat ini saat memungkin kita untuk mengembangkan bisnis kita lebih maju lagi.

10. Selamat Mencoba

Demikianlah cara membudidayakan ikan hias guppy atau ikan gobi  semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga Tuhan memudahkan usaha dan bisnis kita.





media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

1 komentar:

  1. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.qmario. com
    - www.qmario. net

    BalasHapus