Kamis, 03 Maret 2016

Ternyata Ada Restoran Berbintang Memiliki Menu Dengan Bahan Baku Ikan Guppy


https://anugerahpokdakan.files.wordpress.com
Ukurannya mungil, jauh dari ukuran bangsa ikan lainnya yang umum dikonsumsi. Rata-rata panjang tubuh cuma 2 cm dengan diameter perut 0,2 cm. Banyak ditemui di perairan tawar seperti sungai di pedesaan atau di rawa-rawa berlumpur

https://anugerahpokdakan.files.wordpress.com
.
Dulu, ikan yang oleh sebagian orang Jawa dinamai cethol (guppy) ini tak banyak menarik perhatian, bahkan diemohi oleh kebanyakan orang. Tapi jangan salah, belakangan si imut acap hadir di atas meja berdampingan dengan sajian pesta di hotel-hotel atau ada dalam daftar menu restoran berbintang, ikan yang bernama lain Celili-Mence dan Gajah Mina ini kian populer lantaran rasanya yang renyah, lezat lagi berprotein tinggi.
Menemani nasi pulen dalam makan siang atau makan malam bersama sambal tomat bisa jadi menu pilihan. Selain itu, cethol pantas juga untuk camilan di waktu santai. Salah satu kelebihannya yang membuatnya makin dicari adalah sajiannya yang kering sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu relatif panjang, dapat pula jadi buah tangan.

https://anugerahpokdakan.files.wordpress.com
Sayangnya, produksi bahan baku belum mampu mengimbangi tingginya permintaan. kebutuhan pasar lokal, yang  setidaknya 4 kuintal/hari. untuk menjawab pasar yang 60% telah ada dalam genggamanseperti Jakarta, Semarang, Magelang, Temanggung, Solo dan Jogja membuat ?Pangsa pasarnya luar biasa! Sehingga apabila di budidayakan, insya Allah pasar ekspor juga bisa digarap.
Cara pengolahan panganan cethol yang garing ada dua macam, yang sederhana dan yang kedap udara. Untuk yang pertama, memang cukup sederhana. Ikan cukup dilumuri tepung berbumbu, kemudian digoreng. Meski demikian, perlu teknik khusus untuk menghasilkan kudapan cethol yang garing, renyah dan awet. Perlu diperhatikan kadar air, Supaya tidak nggedibel (menggumpal-red). Akibatnya bisa berpengaruh pada daya simpan panganan tersebut. Lama menggoreng pun perlu kejelian. Jangan terlalu matang. Cukup sepertiga matang, pasalnya minyak yang terkandung masih panas sehingga proses pematangan ikan masih berlanjut meski sudah diangkat dari penggorengan.



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar