Newswise - Ketika membayangkan pulau Karibia Trinidad, guppy tidak
biasanya hal pertama yang datang ke pikiran. Namun, kecil, ikan wiggly
di pulau sungai gunung yang rimbun terkenal di kalangan ahli biologi
sebagai suatu sistem yang penting untuk studi evolusi.
http://2.bp.blogspot.com |
Sungai mengandung guppies, bersama dengan predator yang lebih besar yang
makan mereka. Kebanyakan sungai juga diselingi oleh air terjun, yang
memberikan beberapa berani, beruntung guppy kesempatan untuk menemukan
jalan hulu keselamatan, meninggalkan predator belakang di kolam renang
di bawah ini. Selama-lamanya.
"Seperti yang Anda duga, predator mengerahkan kekuatan selektif pada guppy,"
jelas E. Dale Broder, seorang peneliti pascasarjana yang mempelajari
evolusi di Colorado State University (CSU) di Fort Collins.
Di bawah air terjun, "mereka cenderung membosankan." Tapi tindakan nyata
yang terjadi di atas, di mana keberhasilan menjadi masalah menarik
perhatian, bukan menghindarinya. Di tempat yang aman di atas air terjun,
"banyak pilihan pasangan didorong oleh betina," menghasilkan warna
cemerlang, perbedaan tipe tubuh, dan perilaku pacaran berlebihan antara
guppy jantan.
Dalam waktu 5 sampai 10 tahun, versi gen ( 'alel') kode yang untuk
sifat-sifat ini menjadi lebih berlimpah di kolam bebas predator. Semua
ini meringkas untuk situasi yang sempurna sesuai definisi dasar evolusi:
perubahan frekuensi alel dari waktu ke waktu. Skala waktu singkat
khusus mencerminkan perubahan evolusioner 'mikro', yang kadang-kadang
diterima oleh lawan bersemangat evolusi.
Tapi definisi yang sama ini berlaku untuk 'makro' evolusi, proses yang
mendefinisikan spesies lebih aeon, dan keduanya diterima dengan baik di
kalangan ilmuwan. Mudah, skenario ini tidak hanya mencontohkan evolusi
yang terjadi di depan mata kita, ia melakukannya dalam spesies yang
bertahan dengan baik di penangkaran dan dapat dengan mudah diangkut ke
ruang kelas kelas 7 di Colorado.
"Saya tidak benar-benar memiliki eksposur apapun untuk evolusi sampai
undergrad," kata Broder, "atau, setidaknya, itu tidak mengesankan."
Pengalamannya tidak biasa-mengajar evolusi di tingkat sekolah menengah
ini sangat sulit. guru kurang bertekad telah dikenal untuk meninggalkan
unit seluruhnya, atau mengajarkannya samar, untuk menghindari konflik
antara siswa dengan prasangka polarisasi. Tapi bahkan mereka yang
mengatasi itu dengan sepenuh hati sering jatuh pendek.
Stephanie Simmons, seorang guru veteran di Severance Middle School di
Windsor, Colorado, telah benar-benar diberikan itu yang terbaik. "Saya
baru saja mencoba berbagai macam hal yang berbeda dan tidak pernah
menemukan sesuatu yang siswa tampaknya memahami," jelasnya.
Terinspirasi untuk mengubah lanskap untuk generasi berikutnya,
Broder memberikan dana kecil dari Masyarakat untuk Studi Evolusi dan
mengatur kerjasama dengan Simmons, dua guru lokal lainnya, dan dua
rekannya universitas untuk mempelopori pendekatan baru untuk
memperkenalkan evolusi di K -12.
Dalam modul empat hari yang dihasilkan, siswa mengamati guppy hidup,
membentuk hipotesis, dan bekerja sebagai kelas untuk merancang dan
melakukan eksperimen dengan mencocokkan jantan dari populasi yang
berbeda dengan betina dan dengan predator.
Ditanya apa siswa menyukai terbaik, Simmons tertawa. "Mereka ew 'dan' Ih
'ketika kita akan memberi makan guppy untuk predator," katanya.
Predator adalah ikan cichlid besar yang "harus makan, lagi pula,"
menurut Broder.
Tapi juga, Simmons mengatakan, "bisa duduk dan menonton ikan menjadi ikan, dan
melihat perilaku kawin ... itu semua hanya benar-benar melibatkan mereka
segera." Tontonan melihat ikan hidup samping, namun, modul ini juga
luar biasa dalam hal itu memenuhi standar emas untuk instruksi ilmu di
K-12: itu memberikan "ilmu otentik" pengalaman bagi anak-anak. Dalam
dunia yang ideal, ini adalah cara bahwa semua ilmu akan diajarkan.
Mahasiswa-driven, instruksi berbasis inquiry yang terbukti lebih
efektif, dan aktif, standar proses-berorientasi mendapatkan prevalensi
di seluruh negara.
Namun, proyek penelitian otentik yang sangat sulit untuk mengatur.
"Sebuah penyelidikan sains yang sebenarnya bukanlah sesuatu yang terjadi
dalam satu jam," kata Simmons. Re-bekerja "nyata" eksperimen agar
sesuai dengan kerangka waktu, anggaran, tingkat keterampilan, dan
persyaratan keselamatan untuk K-12 membutuhkan waktu, sumber daya, dan
keahlian dalam ilmu penelitian dan pendidikan. Upaya kolaboratif seperti ini yang unik cocok untuk desain proyek tersebut.
Ilmu otentik ini bisa dibilang praktek terbaik untuk mengajar subjek
ilmiah, tetapi sangat cocok untuk pengajaran evolusi. Dalam kasus ini,
itu hanya setelah memplot data, pada hari terakhir dari modul, bahwa
konsep-konsep kunci dan kosakata diperkenalkan untuk membangun menuju
"E" kata-evolusi. Ketika para peneliti kelas 7 akhirnya tiba di pembahasan evolusi, Broder
mengatakan, "semua siswa hanya menganggukkan kepala mereka." Para guru
kagum. "Bagi saya," kata Simmons, "itu adalah hal yang saya selalu
mencari, itu 'Oh ada itu!' - Bahwa salah satu bagian yang benar-benar
membantu siswa mendapatkannya."
Pengujian diperkuat tayangan-siswa yang berpartisipasi dalam modul ilmu
otentik guru belajar secara signifikan lebih dari siswa di kelas yang
berbeda. Mereka juga menyatakan pendapat lebih menerima tentang konsep
evolusi pada akhir unit. Keberhasilan modul ini telah mengilhami
pekerjaan lebih lanjut untuk memperluas penggunaannya di luar ruang
kelas dari guru berkolaborasi dan membuat pengalaman serupa yang
tersedia untuk semua sekolah di Northern Colorado. Sebuah kit sedang
dikembangkan, dengan dana dari National Science Foundation, yang akan
tersedia untuk pinjaman dari Outreach dan Pusat Pendidikan di CSU. Kit
ini akan mencakup guppies hidup, yang pertama bagi pusat.
Namun, kebutuhan mual tidak takut-pertemuan dengan predator lapar akan
terbatas pada rekaman video. E. Dale Broder disajikan karyanya pada
konferensi 2016 tahunan Society for Integrative dan Biologi Perbandingan
di Portland, Oregon. Emily A. Kane, seorang sarjana postdoctoral di
kelompok riset yang sama, juga mempresentasikan poster yang merinci kit
guppy dalam pengembangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar