Jumat, 05 Februari 2016

Penelitian Mengenai Regenerasi Ikan Guppy

https://www.google.co.id

Ikan Guppy (Poecilia reticulata) termasuk di dalam famili Poecilidae. Ikan Guppy (Poecilia reticulata) adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang mempunyai sirip ekor panjang yang beraneka ragam dan tidak membahayakan sehingga menyebabkan ikan ini populer di dunia. Ikan ini termasuk ikan liar yang biasanya hidup di parit-parit atau selokan, karena ikan ini mudah menyesuaikan diri dan berkembang biak memungkinkan ikan ini dapat dipelihara secara ex-situ di laboratorium dan dapat digunakan sebagai hewan model dalam ilmu Biologi. Sirip kaudal ikan Guppy mudah tumbuh setelah mengalami luka atau terpotong, Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan tentang keberhasilan proses regenerasi ikan Guppy ini.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Obyek penelitian ini adalah ikan Guppy (Poecilia reticulata) jantan dewasa umur 2-3 bulan dengan ciri-ciri panjang standart 2,5- 4 cm. Organ yang digunakan dalam penelitian ini adalah sirip kaudal ikan Guppy yang dipotong secara simetris ke arah vertikal pada setengah panjang sirip kaudal Guppy, diamati proses regenerasinya dan setiap tahap-tahap perubahan yang terjadi, pengamatan dengan menggunakan mikroskop cahaya dan difoto dengan kamera digital. Data dari hasil penelitian disusun secara berurutan mulai dari awal pemotongan sampai terlihatnya proses regenerasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses regenerasi sirip kaudal ikan Guppy terjadi beberapa tahap yaitu : penutupan luka (wound healing), pembentukan blastema (blastema formation), deferensiasi dan proliferasi, serta pertumbuhan regeneratif (regenerative outgrowth) Dari data tersebut menunjukkan bahwa ikan Guppy (Poecilia reticulata) mengalami regenerasi secara ephimorphosis.



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar