Rabu, 03 Februari 2016

Awalnya Ikan Guppy Dibawa Ke Indonesia Untuk Membasmi Malaria


Ikan Guppy Awalnya Pembasmi Malaria
nangimam.blogspot.com
Ilustrasi : Ikan guppy

Menurut sejarah, ikan guppy yang juga memiliki sebutan ikan cere, ikan seribu, atau ikan suwadakar ini sengaja di bawa ke Indonesia untuk tujuan membasmi jentik nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria sekitar tahun 1920-an.

Sayangnya ikan ini dianggap tidak berhasil membasmi larva nyamuk tersebut. Lantaran memiliki keunggulan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi perairan, ikan ini lantas beranak pinak. Hingga ini persebarannnya pun hampir bisa ditemukan di banyak perairan di Indonesia. "Ikan ini ya ikan cetul itu, memang dulu dibawa ke kita (Indonesia) untuk membasmi jentik nyamuk malaria," ujar Agung.


Ikan yang juga disebut millionfish ini populasinya paling banyak ditemukan di perairan Jawa dan Bali. Nama lokal ikan ini macam-macam, misalnya orang sunda menyebutnya bungkreung, sementara orang betawi menyebutnya gepi.

Ikan guppy semula ditemukan oleh Robert John Lechmere Guppy di Trinidad pada 1866. Sementara itu, Albert C.G. Gunther belakangan diketahui pada tahun yang sama menamai ikan ini dengan sebutan girardinus guppii.

Namun ternyata ikan ini terlebih dahulu dan diakui oleh ilmuwan dunia fauna dengan nama, poecilia reticulata oleh Wilhelm Peters pada 1859. Sementara nama Girardinus guppii hanya mendapatkan status sebagai sinonim.



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar