Rabu, 03 Februari 2016

Beberapa Langkah Sederhana Untuk Merawat Ikan Guppy

PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN
 
Persiapan Aquarium
Pemeliharaan guppy di dalam aquarium dapat digabung dengan guppy atau ikan hias jenis lain. Ukuran aquarium yang digunakan disesuaikan dengan masing-masing. Yang penting ukurannya sesuai dengan jumlah ikan yang ada di dalamnya. Sebagai patokan guppy yang dipelihara tanpa campuran ikan lain dapat digunakan aquarium berukuran 40 x 40 x 60 cm untuk sekitar 50 ekor. Jika dipelihara dengan ikan lainnya harus lebih besar misalnya 100 x 40 x 60 cm.

Sarana penunjang aquarium seperti filter dan lampu flourescence harus tersedia. Aquarium juga diberi dekorasi berupa dekorasi biotik (menggunakan tanaman hidup seperti tanaman air) atau dekorasi abiotik (benda-benda mati seperti pasir, batu kerikil kecil, karang, patung, kincir air dan tanaman imitasi).

Kualitas Air
Air yang akan digunakan sebaiknya diendapkan dan diaerasi terlebih dahulu selama 2 hari agar terbebas dari zat-zat berbahaya. Guppy akan hidup dengan baik pada air bersuhu 25-28 derajat celcius dengan PH 7,5-8. Pada kisaran angka tersebut guppy sangat bernafsu makan dan pertumbuhan ekornya akan maksimal. Selain itu guppy akan mati jika PH air aquarium sangat asam (<5) atau sangat basa (>9).

Agar kebersihan tetap terjaga, sistem penyaringan di dalam aquarium guppy harus benar-benar dirancang dengan baik. Media penyaringan dapat berupa under gravel atau sistem penyaringan di luar aquarium dengan menggunakan pompa. Pompa yang digunakan untuk mendistribusikan air ke dalam media penyaringan sebaiknya tidak terlalu besar, untuk mencegah guppy tidak tersedot. Sementara itu, untuk menjaga kualitasnya, air aquarium guppy harus diganti setiap satu minggu sekali.

Pemberian Pakan
https://www.google.co.id

Pakan alami yang diberikan untuk guppy yaitu cuk (jentik nyamuk), kutu air, cacing sutra, dan cacing darah. Untuk pakan buatan yaitu pelet halus khusus guppy yang bisa diperoleh di toko ikan hias.



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar