Senin, 29 Februari 2016

Cerita Pengalaman Seorang Breeder Ikan Guppy

Yah saat pertama kali aku membudidayakan ikan guppy itu sekitar bulan April. Saat itu aku mulai menyeriusi guppy ini, tapi yang murah aja.... Yah guppy yang 1000-an.baik betina maupun jantanan.... Nah setelah 3-4 bulan, tepatnya bulan Agustus pertengahan, aku mulai beli ikan guppy yang harganya diatas rata2. sekitar ratusan ribu per pasang. Pertama kali sih kaget denger ikan kecil tapi mahal banget. Akhirnya beli, dan aku kembang biakkan. Eh baru beberapa hari aja, ikanku yang betina bukannya beranak, tapi malah mati...hiks... Dah beli mahal2 mati lagi.

https://www.google.co.id
Trus tanya ma penjualnya:
Penjual : Kenapa kok bisa mati?
Aku : Iya, padahal pertamanya gpp loh
Penjual : Kamu kasih makan apa?
Aku : Takari ( pakan ikan koki kecil2)
Penjual : Wah, digerus apa nggak?
Aku : Nggak (muka polos)
Penjual : Waduh mungkin kelolotan makanan tuh, kan mulutnya kecil
Aku : Hah, nasib2
Setelah itu aku beli lagi deh betinanya. Kan kacian jantannya jadi duda..hahaha.... Setelah itu aku kasih makan yang empuk2 seperti cacing sutra ato cacing tubifex. Nah akhirnya aku bisa berternak dan anakannya dapet banyak. khususnya yang super red.. Pertama kali aja dah beranak 56-an ekor..wow banyak juga yah.... Nah mulai dech ujian tiba.... Banyak yang menjelek2kan ikanku. Mulai dari ikan got lah, ikan murahan, sampe tak serokin di got aja banyak...hiks...hiks... Tapi dari situ aku tambah bersemangat untuk semakin breed itu ikan..( dah kecemplung yah udah sekalian aja mandi) hahahaha.... Pada bulan Desember, aku mulai agak putus asa, karena ikanku ini ada 1 populasi yang meninggal. Gimana gak bingung. ikan 20 ekor habis dalam 1 malam disisain 4 ekor. Untung 2 jantan dan 2 betina... Akhirnya mulai dari awal lagi ngebreed jenis itu ( platinum pastel) Pada bulan januari n februari aku mulai jual ikanku karena terlalu banyak. Eh dah BEP (balik modal) Wah senengnya aku, dan akhirnya mulai nambah jenis2 baru, dan menambah tampatnya tugh....akuarium dkk.... Selain itu, aku mulai tunjukin ke orang-orang yang dulunya pernah jelekin ikanku. dan pernah ketawain aku. Mereka sampai bingung. Hah, ikan kecil kaya gitu bisa dijual? Jual berapa kamu, paling juga 1000 rupiahan... (sakit rek) Aku omongin orang itu.... Aku jualnya 1 pasang ada yang hampir sampe 500ribu. Dia sampe bingung, mungkin dalam hatinya bilang gini " orang yang beli ini goblok apa edan ato juga lagi mabok, kok beli ikan kecil kaya yang di got hargane 500rb. ato bohong arek ini" Yah mereka semua ga percaya. sampe aku pernah panggil mereka Jadi saat aku jualan, mereka tau. Dan akhirnya mereka cuman bisa diem, kemakan omongannya sendiri. Trus ada juga yang pertama kali ngetawain aku, sekarang malah membantu aku jualan tuh. Bahkan ibuku  pun, sekarang kalo pagi dah kasi makan ikanku. aku sampe bingung kok bisa kasih makan ikankuw, padahal pertama kali, dia bilang, ntar kasih makan ikanmu sendiri tuh....Hahahaha.... Saat aku tanya mamaku, sebelumnya percaya gak kalo ikan ini bisa dapetin uang.. Mamaku langsung bilang, sangat ga percaya. Apalagi bisa jual per pasangnya sampe hampir 500rb...Dia bingung dan ga percaya saat aku jualin pembeli sampe 500rb....hahahhaa.....Yah getu lah.... Sampai akhirnya saat ini aku sudah punya ikan guppy 9 strain (jenis) dan jumlah total ikan guppyku ada sekitar 600ekoran. Dan ini habis ini dah mau punya anakan yang lainnya..sekarang bingung, kalo dibuang kasihan, kalo kasih orang juga ntar ngerusak pasaran. Wah pelihara ndiri jah tugh ikan...hehehehe... Sampe disini dl pengalaman pertamaku di bidang ikan guppy kesayanganku....
Terima kasih dah membacanya...
Salam



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar