Rabu, 24 Februari 2016

Guppy Betina Berlatih Berenang Lebih Baik Dari Guppy Jantan

Jika Anda bertemu dengan begal, apa yang Anda lakukan? Lari, teriak, atau bunuh diri sendiri, ko bunuh diri sendiri, ya kan Anda begalnya hehehe. Saya yakin Anda akan lemes, ga bisa gerak, mau mati aja deh....

https://www.google.co.id
Berbeda dengan ikan guppy betina saat dia dipaksa menuruti napsu si jantan yang jahat, betina akan lari.. lariiiii kabuur... Tidak memiliki waktu atau tempat aman! Ikan guppy betina belajar untuk menjadi perenang yang lebih baik untuk melarikan diri pelecehan seksual.
Ini tidak biasa di dunia hewan untuk jantan melecehkan betina dan memaksa mereka untuk kawin dengan mereka, bahkan jika betina tidak tertarik. Tapi sebuah studi baru mengungkapkan ikan guppy betina belajar untuk menjadi perenang yang lebih baik melebihi jantan dan menghindari asmara yang diinginkan mereka. Para peneliti mengatakan hasil pekerjaan mereka menunjukkan bahwa ikan belajar berenang lebih efisien dengan praktek dan telah menyamakan perubahan dalam teknik renang mereka sama seperti atlet yang terus berlatih untuk menjadi lebih baik olahraga renang.
 
Pemaksaan seksual betina dari jantan tersebar luas di seluruh spesies yang bereproduksi secara seksual, "kata Dr Shaun Killen, dari University of Glasgow. "Biasanya, keberhasilan reproduksi jantan dibatasi oleh akses ke betina, dan jantan dari banyak spesies akan mencoba untuk mengatasi hal ini menggunakan sejumlah perilaku, seperti mengejar dan bahkan menyerang betina dalam upaya untuk bisa bereproduksi. Jenis-jenis perilaku yang dianggap melecehkan secara seksual seperti jantan yang mencoba untuk memaksa betina mau kawin dengan mereka. Betina bisa menghabiskan banyak energi menghindari jantan dalam situasi ini dan bahkan dapat terluka". "Untuk mengurangi kejadian itu, kemungkinan adalah betina mungkin dapat mengubah perilaku mereka sendiri atau fisiologi dengan cara yang mengurangi konsekuensi energik negatif dari pelecehan atau memungkinkan mereka untuk lebih mudah melarikan diri dari paksaan jantan." Bersama-sama dengan para peneliti di University of Exeter, Dr Killen menguji gagasan ini di laboratorium dengan mengekspos guppy Trinidad perempuan (Poecilia reticulata) untuk berbagai tingkat pelecehan jantan bahwa mereka biasanya akan bertemu di alam liar, untuk jangka waktu beberapa bulan.
Dr Safi Darden dari Universitas Exeter menjelaskan: "Di alam liar, guppy jantan menghabiskan sebagian besar waktu mereka pacaran dan memaksa betina dalam upaya untuk kawin dengan mereka. "Sebagian besar perhatian jantan ini tidak diinginkan dan betina berusaha menghindari jantan dengan cepat berenang menjauh dari mereka selama pengejaran." Setelah lima bulan, betina terkena tingkat yang lebih tinggi dari pelecehan mampu berenang lebih efisien, para peneliti menemukan,  ikan betina yang dilecehkan menggunakan lebih sedikit energi untuk berenang pada kecepatan tertentu dibandingkan dengan mereka yang terkena tingkat yang lebih rendah dari gangguan. Dr Darden mengatakan: "Tampaknya bahwa kenaikan berkepanjangan di-intensitas tinggi berenang pada betina, disebabkan oleh pelecehan jantan, menyebabkan perubahan dalam fisiologi atau berenang mekanik ikan individu, yang mengurangi energi berenang dan dapat memungkinkan guppy betina untuk mengurangi beban perilaku koersif ini. '
Dr Killen menambahkan: "Faktor penting tampaknya teknik berenang, dan guppy betina yang mengalami tingkat yang lebih rendah dari pelecehan menghabiskan lebih banyak waktu berenang dengan sirip dada mereka yang perpanjang, indikator teknik berenang tidak efisien. "Perubahan ini sangat mirip dengan yang terlihat pada atlet manusia yang melatih untuk menjadi lebih baik di olahraga mereka".
Profesor Darren Croft, juga dari Exeter, mengatakan: "Dalam konteks yang lebih luas temuan kami menunjukkan bahwa berenang efisien adalah sesuatu yang ikan mungkin harus belajar dan berlatih, seperti belajar berenang pada manusia, ini membutuhkan waktu dan energi, yang keduanya sangat mahal untuk ikan ini. Ini bisa menjelaskan mengapa hanya ikan yang terkena tingkat yang lebih tinggi pelecehan dari si jantan yang mengembangkan teknik renangnya.



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar