Minggu, 31 Januari 2016

Ada Beberapa Tahapan Yang Harus Dilakukan Dalam Beternak Ikan Guppy

Cara Budidaya Ikan GUPPY ( Poecilia reticulata )

http://3.bp.blogspot.com - Ikan guppy dengan keindahan ekor dan warna yang sangat indah
Guppy ( poecilia reticulata ) termasuk  ikan hias yang mudah di kawinkan sepanjang tahun tanpa mengenal musim dan tidak membutuhkan perlakuan khusus, asalkan airnya dan tidak terlalu padat. Pada air yang kesadahanya kurang, guppy masih bisa berkembang biak. Namun, kualitas ikan lebih bagus, baik warna dan bentuk ekor, sebaiknya kualitas airnya sesuai dengan persyaratan airnya.
PEMILIHAN INDUK
Untuk membedakan induk betina dan jantan tidak sulit. Seperti halnya cupang, warna tubuh guppy jantan  jauh lebih bagus dibanding betina. Guppy jantan badannya ramping, sirip ekornya sangat lebar dengan warnanya yang sangat indah dan kontras, sirip punggungnya lebih panjang, dan kelaminya menonjol. Sementara guppy betina lebih betina dan agak buncit, warna sirip ekor kurang kontras, sirip punggung lebih pendek, dan kelaminya hanya berbentuk lubang biasa.
Kendati mudah di bedakan, dalam memilih induk guppy sebenarnya agak susah, terutama pada betina karena sering kali kali terjadi induk betina yang dikawinkan sudah hamil tanpa di ketahui asal usul dan kualitas jantan yang menghamilinya. Hal ini tentu menyebabkan keturunan yang dihasilkan tidak terjamin kualitasnya. Dengan demikian, satu-satunya cara untuk mendapatkan induk guppy yang bagus dengan membeli calon induk ( Bakalan ) yang bisa di percaya dan di yakini belum pernah kawin, kemudian dipasangkan dengan jantan yang telah diseleksi. induk guppy yang pantas dikawinkan adalah yang berumur 3 sampai 4 bulan dengan ukuran induk jantan telah mencapai panjang 3 sampai 4 cm dan betina 4 sampai cm.
 
http://1.bp.blogspot.com

PEMIJAHAN INDUK
Guppy berukuran relatif kecil sehingga pemijahannya tidak memerlukan tempat yang luas. Pemijahan dilakukan di dalam akuarium atau bak semen ukuran 1 m x 2 m. Tanaman air tidak terlalu dibutuhkan, tetapi dapat ditambahkan asalkan tidak terlalu banyak. Suhu air optimal untuk pemijahannya 23 sampai 26 derajat celcius, dengan pH lebih dari 7 dan kesadahan air lebih rendah. Aliran air yang dibutuhkan dalam pemijahan tidak perlu besar cukup sebesar lidi saja. Kedalam bak ukuran 1 m x 2 m dapat dimasukkan hingga 200 ekor betina dan diperlukan kira-kira 20 ekor jantan. Bila menggunakan akuarium lebih besar, cukup di isi 50 ekor betina dengan 5 ekor jantan. Setiap induk biasanya mampu menghasilkan 20 sampai 50 ekor anak. Perkawinannya dapat terjadi setiap waktu tidak tergantung musim. Induk kembali matang telur siap kawin dalam jangka waktu sebulan sejak melahirkan anak terakhir.
Menurut para pakar, dalam sekali berhubungan, sperma induk jantan dapat bertahan dalam tubuh induk betina hingga 6 bulan. Ini berarti selama 6 bulan induk betina masih dapat melahirkan anak walaupun tidak dikawini induk jantan.

PEMELIHARAAN PASCA PEMIJAHAN
Benih mulai terlihat pada hari ke-7 sampai 8 sejak induk dilepaskan, tetapi semua induk betina beranak berbarengan. Oleh karena itu, secara bertahap benih bisa diambil 2-3 hari sekali dan langsung di pelihara dalam bak pendederan, jangan di tunggu terlalu lama sampai semua induk melahirkan. Benih yang akan dipelihara dalam bak pendederan sebaiknya dilepaskan pagi atau sore hari disaat suasana tidak panas.
Ukuran bak pendederan 2 x 2 m atau 2 x 3 m. setelah di isi air 30 cm, benih bisa di tanam sebanyak 2000-3000 ekor dengan lama pemeliharaan sampai 2 bulan. Penggantian air selama pemeliharaan tidak mutlak. Namun, jika bak pemeliharaah tidak di beri aliran air secara terus menerus, penggantian air perlu dilakukan 2 minggu sekali sebanyak 2/3 bagian.
Benih diberi pakan berbentuk tepung halus yang ditebarkan merata ke seluruh permukaan air sebanyak 2-3 kali sehari. Pakan alami yang paling cocok adalah infusoria, kutu air yang masih kecil dari hasil penyaringan. Untuk memacu pertumbuhan, selama 2 minggu akhir pemeliharaan di beri pakan alami yang lain seperti cacing sutra yang telah dibersihkan pada air mengalir.
Demikian artikel ini semoga menjadi gambaran untuk membudidayakan ikan hias yang indah dan anggun ini.
 
 
 
media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar