Selasa, 26 Januari 2016

Mengenal Lebih Dekat Dengan Guppy Albino


Full Platinum ribbon x
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
full platinum
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
Albino Full Platinum 3
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
FULL PLATINUM SW RB.2
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com

ALBINO FULL PLATINUM DAN VARIAN NYA
Akhir akhir ini kalau kita melihat trend yg mulai banyak di lirik para pengemar guppy adalah salah satunya guppy jenis solid color yg berwarna putih keperakan ini yg terutama di cari adalah yg warnanya putih polos mengkilat  atau istilah nya disebut platinum, namun dari banyak varian yg beredar dgn nama dagang sebagai American White, Albino Platinum White, Albino German White serta beberapa strain lainnya yg agak mirip sekilas menampilkan warna yg mirip yg bagi yg tidak paham akan menimbulkan salah pemahaman dan menyamakan nya dgn jenis ada. Hal ini dapat di pahami karena pengaruh tampilan foto, pengaruh sinar, serta rekayasa fotoshop dgn computer, kondisi dan mood ikan saat di foto serta adanya penyimpangan genetik yg menghasilkan kemiripan serta hal-hal lainya, maka ada baiknya kita mempelajari tulisan di bawah ini yg kami ambil dari tulisan Mr. Philip Shaddock ”NABI NYA” pakar genetik guppy yg di sadur secara bebas dari bukunya Guppy Color Strain .

american-white tail-al-rb-01 - Copy
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
Pheno type dari guppy ini populer dinamakan  sebagai full Platinum. Jenis Guppy yg menampilkan warna putih polos keperakan semu kekuningan ini sebenarnya adalah akibat kombinasi dari penampakan sel leucophores putih – yg terlihat pada tubuh bagin depan dan pada sirip siripnya dan juga pada guppy strain warna platinum yellow. Yang paling umum dan yang paling sering ditemukan adalah pada varian strain guppy ALBINO FULL PLATINUM karena pada gen albino, secara genetik gen tsb menghilangkan sel warna hitam pada bagian badan guppy dan memunculkan warna kuning dan warna putih. Hal ini dapat dipahami dan terjadi karena adanya peningkatan kepadatan sel-sel yg ada ketika sel-sel warna hitam yang menghilang. Secara pasti kita bisa melihat.

Rumus Genetikanya :
Dasar genetiknya yg paling utama adalah berasal dari genetik HB yellow
Genotipe dari Albino full Platinum adalah: 

"X Ni Ws Pl Plt YNi Ws aa mgmg
Mg = Metallic gold , Ni = HB , Ws = Saddle saddle , a = albino, Pl = body Platinum , Plt = sirip Platinum"

Seperti yang Anda lihat telah dikodekan secara baku bahwa gen Ni dan gen Ws sebagai sel homozigot.
Hal ini bisa dijelaskan bahwa sel homozigot pada kebanyakan strain guppy tsb baik jantan dan betinanya masing-masing  membawa salinan gen konstituen tersebut, dan pada kenyataannya dengan adanya kehadiran gen yang besifat homozigot tersebut telah mengintensifkan warna platinum yg ada. Seperti yg kita tahu ternyata guppy strain American HB Yellow memiliki genetika yang sama pada bagian sirip sirip nya dengan full Platinum yang juga memiliki genetic yang sama pada bagian sirip-siripnya serta tubuhnya.

Full platinum
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
54
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
Sekali lagi di tegaskan bahwa dalam buku manual tentang Guppy Color karangan Philip Shaddock, disana beliau membahas tentang jenis guppy ini yang digambarkan sebagai “platinum” yang besifat ekstensif dan beliau mengusulkan sebuah teori yang menyatakan kalau itu adalah karena adanya dua gen yang tampil. Gen tersebut gen seksual yg saling terhubung ( sex-linked gene ) – Gen Platinum atau PI dan gen autosomal Gold Metallic atau Mg . Gen Mg tidak dapat dimunculkan tanpa adanya kerjasama gen seksual yang terkait tersebut. Menurut teori ini, gen seksual yang saling berhubungan tersebut memunculkan dan mengungkapkan yang berkaitan dengan “ di mana “ ,” kapan” dan “berapa” banyak gen warna yg akan diekspresikan.
Jadi gen Mg membutuhkan X atau Y-linked “Platinum” gen.
Jadi yg dimaksud full Platinum secara benar dan proposional genetiknya diidentifikasi sebagai: 

XPl Y Mg / – 

Karena gen Pl tidak pernah muncul terpisah dari Mg, ini bisa juga menjadi:

XPl Y atau XYPl

Sejak kita mengetahui bahwa gen bisa saling di cross-kan satu dengan yang lain, maka sama halnya dengan gen mg terkandung di dalamnya. Selain itu yang perlu ditambahkan juga bahwa tubuh dan sirip ikan dapat memiliki sifat genetika yang terpisah. Jadi untuk langkah yang tepat untuk dilakukan agar tidak salah maka kita harus menambahkan gen sirip Platinum (Plt) ke genotip tsb hingga jadinya sbb : 

XPl Plt Y Mg / –

Untuk guppy full Gold tampaknya memiliki dasar genetika yang sama. Namun hal ini dimungkinkan juga adanya penambahan gen lain. Ada satu bahan lagi yg penting yg diperlukan untuk menghasilkan kuning / emas dan warna putih platinum, yaitu penambahan gen HB black (Ni) . Jadi deskripsi genetik lengkap dari guppy Platinum adalah: 

Xni Pl Y Mg / – atau Xni Pl Y 

Karena gen mg tersirat, Gen mg dapat memiliki banyak ekspresi, tergantung pada interaksinya  dengan gen warna lain. Tapi yang paling jelas dan umum  ekspresinya adalah memberikan guppy yang warna putih berlapiskan warna kekuningan. HB yellow dapat dianggap sebagai dasar untuk full platinum dan strain full gold. Guppy HB yellow adalah contoh guppy yang tidak memiliki gen Mg untuk tubuhnya, tetapi memiliki gen untuk warna sirip-siripnya. Hal ini menunjukkan bahwa warna tubuh dan sirip guppy dapat berada di bawah pengaturan sel genetik yang berbeda. Ada aturan baku yg tidak terbantahkan sebagai contoh bahwa Anda tidak dapat membuat guppy HB green dengan meng-cross kan HB yellow dengan HB blue karena hasilnya akan mendapatkan guppy dengan warna ke abu2an yg terkesan kotor dengan noda hijau kebiruan. Hal ini bisa di pahami karena sel sel warna kuning selalu berkaitan dgn kemunculan dan tumpang tindihnya dgn sel warna putih. Seperti yg kita ketahui bahwa dalam sistem sel warna sisik ikan , sel sel yg ada , biasanya terdiri dari berbagai lapisan ,karena adanya dorongan sel warna hitam kepada sel Warna kuning membuatnya menjadi pudar sehingga sel warna kuning diblokir oleh sel warna putih. Jadi dalam hal ini sel warna putih bertindak sebagai isolasi antara warna hitam hitam dgn sel-sel warna kuning. Sekali lagi buku manual guppy colors bisa dijadikan referensi yg otentik.

Sejak awal sel warna kuning memiliki sel pigmen motil. Warna kuningnya dapat menjadi pucat di bawah tekanan ekternal maupun internal. Sering kali Anda melihat “full Platinum white” guppy ditawarkan dan dijual di internet. Gambar guppy yg ditampilkan terlihat semua ikannya berwarna putih polos. Tapi ketika pembeli menerima kiriman ikannya mereka menemukan bahwa ikannya tidak putih polos seperti foto yg di tampilkan tapi warnanya memiliki lapisan warna kuning yang bervariasi sesuai dengan suasana hati guppy dan pencahayaan yg ada disekitarnya. Ketika orang mencoba menghilangkan sel-sel warna kuning dari ikatan genetiknya, justru sesuatu yang aneh terjadi. Guppy menjadi warna ke perak perakan. Sel sel warna tersebut pada dasarnya saling mempengaruhi satu sama lain. Rupanya tidak adanya sel-sel warna kuning pada guppy magenta menyebabkan berkembang kilau warna keperakan daripada kilau keputihan. Saya pikir Platinum sebagai istilah deskriptif daripada istilah genetik. Ini menggambarkan warna metalik mengkilap dari berbagai fenotipe yang berbeda, karena berbagai gen yang berbeda. Biasanya menggambarkan warna metallic yg disebabkan oleh gen Y-linked. Di guppy jenis Schimmelpfennig Platinum ekor Pedang juga menghasilkan warna kuning metalik di bagian depan tubuhnya. Ini memiliki gen mg juga, tetapi gen diekspresikan secara berbeda. Hal ini berbeda “platinum” gen daripada kuning metalik dari full Gold Penuh dan full Platinums.

The White Saddle Gene
Ada jenis lain dari gen warna putih. Gen white saddle yang warna dorsan ikannya putih pada Full Platinums mungkin juga bertanggung jawab untuk merubah bagian dari HB black di badan menjadi putih.
XWsY atau XYWs

Platinum Versus Gold Metal
Pada dasarnya ada beberapa kemungkinan dari dua type sel warna putih yg muncul pada sisik ikan, yg disebut leucophores dan iridophores. Kedua istilah tersebut dapat dibedakan sebagai sisik dgn kilauan yg buram dan sisik dgn kilauan yg mengkilap. Pada guppy jenis white Micariff sering kali warna putih tsb terlihat lebih mengkilap dan lebih putih dari pada full platinum meskipun faktanya warnanya platinumnya merata ada pada seluruh tubuhnya . Leucophores dan iridophores sangat erat terkait dan biasanya dikategorikan sebagai sel yg berkaitan bersama-sama. Namun bagaimanapun juga Apakah sel berkembang sebagai sebuah leucophore atau akan menjadi iridophore ini ditentukan oleh kombinasi spesifik dari gen dalam strain yg ada . dlm hal ini di kuatkan oleh fakta bahwa penulis pernah memiliki strain Platinum yang telah menghasilkan guppy jenis metal gold. Fenotip ini populer digambarkan sebagai full Platinum. Guppy ini adalah kombinasi dari penampakan sel leucophores putih – yg terlihat pada tubuh bagin depan dan sirip siripnya dan pada guppy warna yellow platinum juga. Yg paling umum dan yang paling sering ditemukan adalah pada variasi strain Albino full platinum karena pada gen albino, secara genetik gen tsb menghilangkan sel warna hitam dari badan guppy dan memunculkan warna kuning dan warna putih , hal ini terjadi karena adanya peningkatan kepadatan sel ketika sel-sel warna hitam yang hilang

Rumus Genetikanya :
Dasar genetiknya yg paling utama adalah berasal dari genetik HB yellow
Genotipe dari Albino full Platinum adalah: 

X Ni Ws Pl Plt YNi Ws aa mgmg
Mg = Metallic gold , Ni = HB , Ws = Saddle saddle , a = albino, Pl = body Platinum , Plt = sirip Platinum 

Seperti yang Anda lihat telah dikodekan secara baku bahwa gen Ni dan gen Ws sebagai sel homozigot. Hal ini bisa dijelaskan bahwa sel homozigot pada kebanyakan strain guppy tsb baik jantan dan betinanya masing-masing membawa salinan gen konstituen tsb dan pada kenyataannya dgn adanya kehadiran gen yg besifat homozigot tsb telah mengintensifkan warna platinum yg ada. Sebagai penutup, satu hal yg banyak orang tidak tahu bahwa utk strain guppy yg disebut American HB yellow ternyata memiliki rumus genetika yang sama pada bagian sirip sirip nya dengan guppy full Platinum yg juga memiliki genetic yg sama pada bagian sirip sirip nya serta tubuhnya.

Semoga bermanfaat dan menjadi jawaban atas pertanyaan serta bahan utk belajar ttg guppy jenis ini .



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar