Rabu, 27 Januari 2016

Fakta Unik Dari Ikan Guppy Yang Sangat Gemar Beranak

Gambar
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
Gambar
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
Gambar
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
Gambar
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
Gambar
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
Gambar
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
Gambar
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
Gambar
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com

SEBUAH KEGIATAN HOBBY YG MEMBERIKAN HASIL DAN MUDAH DI KERJAKAN SERTA MENDATANGKAN KESENANGAN

Kegiatan memelihara ikan Guppy adalah sebuah kegiatan yg sangat dihormati dan di hargai  oleh para pencinta ikan hias pada umumnya. Semuanya karena sangat mudah dan gampang dilakukan, mengingat pemeliharaan guppy ini tidak terlalu membutuhkan skill yg komplex dibanding memelihara jenis ikan lainnya yg membutuhkan berbagai persyaratan rumit yg sulit di lakukan serta membutuhkan pengetahuan yg luas agar dapat menjalankannya. Berbeda dengan pemeliharaan ikan Guppy, pada kenyataannya tidak jarang bahkan sangat umum terjadi ketika seseorang membeli beberapa ekor ikan guppy betina yg dalam perjalanan dari toko ikan hias menuju ke rumah telah mendapati bahwa ada anak guppy yg telah lahir didalam plastic dimana ikan tsb di wadahi ………….Wow ini fakta yg sering terjadi !!!

Fakta berikutnya yg sering kita dapati adalah ketika mereka yg baru pertama kali memelihara ikan guppy dan mendapati ikannya telah beranak. Saat mereka melihat fakta itu dan memandangi ikan kecil-kecil yg terlihat sangat lemah namun lincah bergerak, semua ini mendatangkan perasaan puas dan bahagia yg tidak bisa diuraikan dgn kata-kata. Betapa mahkluk-mahkluk kecil tersebut mempunyai kekuatan yg luar biasa kuatnya telah mempengaruhi serta  menjadi sumber yg menggelitik rasa kasih sayang dan emosi kita utk memberikan perhatian lebih pada hari-hari berikutnya seperti berpikir membeli aquarium baru, mencari buku-buku tentang guppy, searching di internet dll

Kebahagian dan kepuasan itu muncul dengan spontan karena tanpa pengetahuan yg rumit serta teknologi yg aneh-aneh bahkan seseorang yg baru mulai belajar memelihara ikan hias dan tanpa memiliki sedikit pun pengetahuan tetang beternak ikan hias sebelumnya telah mendapati di aquariumnya adanya anak-akan ikan guppy yg muncul tiba-tiba sebagai bukti bahwa sang induk telah berkembang biak tanpa meminta persyaratan yg macam-macam. Semuanya hanya  mengikuti naluri alaminya saja. Bagi pemula tentunya kemunculan anak-anak ikan tsb merupakan sumber kejutan yg tidak habis-habis nya utk dibicarakan, karena setiap orang berpikir bahwa beternak ikan itu membutuhkan pengetahuan luas. Yang didapat setelah belajar bertahun-tahun dan melewati berbagai masalah dan tantangan barulah kita bisa melihat kehadiran anak-anak ikan di aquarium kita , namun faktanya hanya hitungan hari, bahkan sering kali hanya dalam hitungan jam kita telah dibuat terkejut dgn kehadiran keturunan ikan yg muncul yg jumlahnya tidak sedikit pula muncul dihadapan kita ………….

Dibawah ini di ceritakan bagaimana perasaan seorang pencinta ikan guppy semasa dia masih anak-anak utk pertama kalinya memelihara ikan guppy, beliau katakan “Saya masih bisa mengingat dengan sangat jelas semasa kecil ketika pertama kali saya di belikan aquarium kecil oleh ayah saya dgn berapa pasang ikan hias seperti neon tetra, beberapa ikan moly dan pelaty serta beberapa pasang ikan guppy. Ketika itu saya sangat asik dibuatnya. Berjam-jam saya di buat terpukau tanpa bosan-bosannya memandangi gerakan ikan yg berenang hilir mudik di aquarium saya yg kecil dan saat itu saya baru berumur sekitar 9 tahun ……..Namun apa yg terjadi dipagi hari berikutnyalah yg membuat saya terkejut setengah mati bahkan saya tidak percaya dgn apa yg saya lihat ketika sekumpulan ikan kecil-kecil berenang berkeliling kian kemari di dalam aquarium saya yg kecil ………”.Ikanku beranak ikanku beranak “ kataku berteriak yg membuat seisi rumah ku ikut terkejut dan tidak percaya dgn apa yg aku teriakan sembari mereka mengerumuni aquariumku!!! Hari itu menjadi hari yg sangat membahagiakan bagiku. Setiap temanku dan setiap orang yg kutemui keceritakan ttg hasil prestasi luar biasa yg kudapat “ Ikan ku Beranak “ ………Tapi seperti yg anda duga, kebahagian itu hanya berlangsung sekejap. Semua anak ikan guppy yg lahir pada keesokan harinya telah ludes, habis dimangsa ikan lain karena sempitnya tempat mereka lahir dan tidak adanya bagian dimana mereka bisa berlindung agar tidak dimangsa. Kenyataan itu membuat saya syok dan kecewa berat seolah-olah dunia ini terlalu kejam buatku. Namun disisi lainnya kenyataan ini membuka mataku utk melihat sebuah tujuan yg lebih jelas sehingga membulatkan tekadku utk mengulangi pengalaman itu lagi dan kali ini tidak boleh gagal, harus berhasil !!!

Aku kemudian belajar bahwa jenis ikan apa yg paling cepat menghasilkan keturunan ketika di pelihara dalam waktu yg tidak berapa lama di pelihara di rumahku adalah ikan guppy!!! Ikan guppy yg beberapa pasang yg aku punya itulah yg telah melahirkan anak-anak ikan. Tekadku dan semangatku terpacu dgn harapan akan melihat anak-anak ikan guppy ku lagi lahir dalam waktu tiga minggu berikutnya. Hari-hari terasa lama dan rasanya tidak sabaran utk menunggu saat-saat itu muncul. Setiap hari kupandangi perut ikan-ikan betina guppyku utk memastikan bahwa mereka akan melahirkan anak-anak lagi segera agar rasa bahagia itu dapat ku rasakan kembali. Bahkan rasa bahagia yg juga mendatangkan rasa bangga .

Kekecewaan dan kegalauan yg muncul akibat gagalnya dalam memelihara guppy diakibatkan karena salah managemen, aquarium yg terlalu penuh sesak, kondisi air yg tidak terpantau dgn baik sehingga suhunya berubah drastis akibat penempatan yg salah, kadar nitrogen, amoniak, nitrat dan nitrit yg menumpuk akibat air tidak pernah diganti dst dan seterusnya termasuk pakan, obat ketika ikan sakit, menentukan jenis penyakit dan obatnya dan lainnya bisa menjadi sumber kekecewaan  …………Jadi masalah-masalah sederhana semacam itu sangatlah perlu utk kita dipahami. Namun memelihara ikan guppy itu tidaklah sukar karena dari sekian banyak jenis ikan hias air tawar, ikan guppy adalah ikan yg paling gampang berkembang biak dan sangat cepat utk bermultiplikasi. Hal ini sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Semua pencinta ikan hias mengetahui hal itu,bahkan sampai kewalahan dibuatnya.

Selanjutnya Inilah Beberapa Fakta penting yg bisa kita pelajari :
Sepanjang kita mempunyai sepasang atau lebih ikan guppy yg sehat dan umurnya sudah diatas 2,5 bulan maka kita tidak perlu membekali diri dgn pengetahuan seperti mau membuat roket yg komplex  atau berbagai pengetahuan ilmiah tentang memelihara ikan hias, karena selain kegiatan makan, ikan guppy kerjanya hanyalah kejar-kejaran sambil berusaha mengawini betinanya berulang-ulang, itulah kegiatan utama si ikan guppy .

Berikutnya adalah masa kehamilan setelah ikan guppy sejak pertama kali kawin membutuhkan waktu kurang lebih 4 minggu baru kemudian akan melahirkan anak-anaknya dan umumnya pada kelahiran yg pertama ini belum banyak sekitar 20 ekor kurang lebihnya tergantung besar kecilnya induknya, setelah itu barulah rutin  setiap tiga minggu sekali bila tidak ada gangguan kesehatan dan lingkungan,  ikan akan melahirkan anak-anaknya lagi dalam jumlah yg lebih -makin lama makin banyak demikian seterusnya …….Jangan kaget, mereka ini benar-benar ikan yg gemar beranak, beranak dan beranak pinak non stop sampai kewalahan kita dibuatnya nanti .

Soal besar kecil dan ukuran aquarium atau wadah pemeliharan maupun tempat pengembangbiakan tidak ada patokan baku semua bisa dipakai namun buatlah agar betinanya tidak terlalu sempit agar mudah bergerak dan ada ruangan utk anak guppy utk menghindar bisa sang induk menjadi kanibal. Untuk itu sebaiknya di taruh tanaman air sebagai tempat berlindung. Bisa jenis tanam air yg jenis ekor kucing maupun yg berbentuk ekor bajing yg mengambang dan mudah pertumbuhan yg tidak mensyaratkan macam-macam kondisi. Namun beberapa penghoby melakukan dgn mengkarantina betinanya dalam kurungan yg berlubang dimana anak ikan bisa keluar masuk dgn leluasa sementara sang induk tetap disitu. Namun cara ini membuat  ikan gampang stress sehingga banyak yg tidak di rekomendasikannya. Ukuran aquarium utk sepasang atau beberapa ikan betina dan jantannya – bisa memakai wadah ukuran tinggi 20, lebar 20 dan panjang 30 cm, sudah lebih dari cukup .

Perbandingan jumlah betina dan jantan yg umum adalah 1 banding 3 atau 1 banding 5, jantan 1 cukup utk membuahi beberapa ekor betina. Biasanya semakin banyak jantan semakin tinggi tingkat stress betinanya karena terus dikejar-kejar para jantan sehingga tidak ada jeda utk beristirahat. Semakain kecil jumlah jantan semakin baik karena betinanya bisa saling bergantian istirahat dan tidak mengalami stress yg berlebih akibat terus bergerak di kejar jantan. Selain itu setelah betina dikawini sang jantan maka sang betina akan menghindar dan berusaha menjauhi jantan dan hal itu sudah menjadi tanda bagi sang jantan utk mencari betina yg belum dikawini. Jadi lebih banyak betina lebih baik sebenarnya .

Dalam perkembangan berikutnya setelah sukses mengembang biakan guppy, hasil ternakan yg di dapat sudah bisa dijual atau dibagikan ke relasi, teman-teman maupun anak-anak tetanggga sekitar. Semua mendatangkan kesenangan dan kebahagian tersendiri. Ada banyak orang yg memelihara guppy setelah bertahun tahun kemudian melangkah kearah yg serius utk tujuan komersial yaitu dijadikan sebagai lahan bisnis, misalnya dgn memproduksi jantanisasi jumlah besar utk dipasok ke toko-toko ikan hias, namun ada juga yg kemudian memcoba menciptakan strain baru dgn cara menyilangkan jenis yg ada sehingga keluar strain-strain baru yg unik, aneh maupun lebih bagus lagi. Semuanya mendatangkan kesenangan dan kepuasan tersendiri namun utk itu tetaplah membutuhkan pengetahuan dan tambahan pengalaman extra agar hal itu bisa di wujudkan. Bersilaturahmi dan berdiskusi dgn sesama penghobby ikan guppy sangatlah penting karena akan terjalin komunikasi dan bisa saling asah, take and give informasi dan pengalaman sehingga makin menjadikan kita semakin professional dan berhasil dlm pemeliharan guppy kedepannya

Fakta berikutnya yg juga cukup penting, semakin banyak variasi pakan dan kwalitas yg baik tentunya akan menghasikan warna guppy yg indah dan tajam termasuk corak dan bentuk badan ikan, selain itu mempengaruhi segi kesehatan ikan termasuk daya tahannya juga, dan jumlah anakan yg akan dihasikan banyak sedikitnya. Yg penting diingat adalah jangan mendadak memindahkan betina saat menjelang ikan mau beranak, akibatnya bisa fatal karena betina jadi stress akibat lingkungan dan parameter air yg berbeda secara drastic. Usahakan beberapa hari sebelumnya agar ada jeda utk adaptasi .

Terakhir seperti yg disampaikan sang “ Nabi “ guppy Indonesia, bahwa utk menghasikan guppy yg berkwalitas super maka  peranan Genetik indukan menyumbang 50 % keberhasilan – sisanya yg 50 % lagi adalah managemen pemeliharaannya. Dari semua itu yg paling penting yg menjadi  Prinsip dasar dalam memelihara ikan adalah memelihara air !!!
Semoga bermanfaat ……………salam .


media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar