Kamis, 07 Januari 2016

Pecinta Guppy Harus Tahu Cara-Cara Memelihara Fry atau Bayi Guppy

Memelihara Fry

Gambar berjudul Breed Guppies Step 7
1
Pindahkan ikan betina dari tangki pembiakkan saat fry sudah lahir. Sepertinya ini tindakan jahat, tapi bayi ikan guppy saat lahir sudah bisa menjaga diri sendiri. Juga seperti yang sudah disebutkan, "induk guppy kadang menjadi kanibal dan memakan bayinya sendiri".
  • Apabila Anda tidak bisa siap saat ikan betina melahirkan, pastikan Anda telah menyediakan banyak tempat bersembunyi berupa tanaman akuarium bagi fry.

Gambar berjudul Breed Guppies Step 8
2
Jaga tangki bersih dan dengan temperatur yang sehat. Fry bisa hidup dalam tangki bersuhu sekitar 25.5 derajat Celcius. Jaga tangki pada temperatur ini hingga fry tumbuh besar. Tangki juga perlu sering dibersihkan. Hisap tangki dengan hati-hati tiap sudah terlalu kotor dan ganti 40% air tiap beberapa hari untuk menjaga air tetap bersih.

Gambar berjudul Breed Guppies Step 9
3
Beri fry pakan yang benar. Bayi guppy makan udang air asin, cacing sutra atau pakan berbentuk serpihan. Mereka harus diberi makan dua kali sehari. Ikan guppy menyukai daging dan sayuran. Anda juga harus memberi makan guppy anda serpihan sayur juga, selain pakan serpihan biasa. Ingat bahwa fry sangat-sangat kecil dan apabila Anda memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam tangki, kelebihan makanan akan basi di dalam air dan membuat fry sakit atau bahkan mati.
  • Fry yang baru lahir harus diberi makan udang air asin sehingga mencapai potensi pertumbuhan terbaiknya. Apabila Anda ingin memberi ikan guppy cemilan, masukkan sejumput kecil bayam rebus ke dalam tangki mereka.

Gambar berjudul Breed Guppies Step 10
4
Ambil langkah-langkah untuk memastikan fry Anda sehat. Ini berarti membuang fry yang mati. Fry yang mati akan mengambang ke atas tangki, membuatnya mudah untuk diambil. Catat berapa fry yang mati. Apabila Anda perhatikan terlalu banyak fry yang mati, Anda bisa memeriksa apa yang kiranya membunuh mereka. Ganti air dan ganti makanannya. Terlalu banyak sampah akan buruk untuk kesehatan guppy.

Gambar berjudul Breed Guppies Step 11
5
Pindahkan fry ke tangki normal ketika mereka cukup besar. Ketika fry ukurannya bagus, atau umurnya sekitar satu setengah hingga dua setengah bulan, mereka sudah siap untuk menjaga diri di luar tangki pembiakkan. Anda bisa memasukkan mereka ke tangki normal dengan ikan yang tidak agresif, menjualnya ke toko binatang peliharaan, atau memberinya kepada teman sebagai hadiah.

Cara Membuat Pakan untuk Fry dari Pakan Ikan

  • Masukkan serpihan/pellet dalam satu tas plastik tertutup
  • Hancurkan makanan hingga menjadi bubuk halus
  • Berikan pada fry secukupnya
  • Masukkan beragam jenis makanan tinggi protein dalam campuran makan
  • Apabila bubuk terlalu besar fry tidak akan memakannya. Untuk itu Anda harus membeli makanan khusus untuk fry.
  • Ambil tusuk gigi dan celupkan ke air. Kemudian celupkan ke dalam bubuk makanan, dan kembali celupkan ke air.

Tips

  • Apabila ikan jantan tidak membuat ikan betina hamil, coba masukkan jantan ke dalam toples dan masukkan toples ke dalam tangki pembiakkan, ini akan mendorong jantan untuk menghamili betina, saat dia menyadari ada kompetisi. Apabila cara ini juga tidak berhasil, Anda mungkin harus memilih jenis guppy yang lain untuk dikembangbiakkan.
  • Jangan masukkan jenis ikan lain bersama guppy, mereka akan membuat pasangan guppy stress dan memakan semua fry yang terlihat.
  • Coba pasangkan jantan dan betina yang memiliki pola warna atau sirip tertentu untuk memastikan fry Anda menjadi seperti yang Anda inginkan.
  • Berikan atau jual bayi guppy ketika Anda memiliki terlalu banyak dalam tangki Anda kalau tidak mereka tidak akan bertumbuh dan mereka akan saling memakan ekor yang lain.

Peringatan

  • Apabila seekor jantan menjadi terlalu agresif terhadap betina, tempatkan tanaman palsu dan tempat berlindung lain lebih banyak untuk betina bersembunyi. Apabila jantan tetap agresif dan tidak membuat satu betina hamil, pindahkan jantan tersebut, karena jantan ini buruk untuk pembiakkan (tindak-tanduk agresif tidak biasa dimiliki guppy) dan bisa menyakiti para betina.

Hal yang Anda Butuhkan

  • Empat tangki: Satu untuk guppy dewasa jantan (10 gallon/30 liter), satu untuk betina dewasa (10 gallon/30 liter) dan satu untuk pembiakkan (20 gallon/60 liter) /tempat tinggal fry (15-20 gallons/45-60 liter)
  • Pemanas, thermometer dan filter lembut untuk tiap tangki
  • Udang air asin hidup atau beku, cacing sutra, pellet yang dihancurkan, infusoria, atau makanan bubuk untuk fry lainnya
  • Tanaman (hidup dan/atau palsu)
  • Net kecil
  • Peralatan untuk membersihkan tangki
  • Kerang adalah ide yang baik apabila Anda tidak mau menghabiskan banyak uang untuk membeli tempat bersembunyi untuk fry


sumber
media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar