Rabu, 27 Januari 2016

Ikan Guppy Sangat Gampang Beradaptasi Dengan Lingkungan Dan Gampang Diternakkan

ikan gupi (www.gillgallery.com)
ikan gupi (www.gillgallery.com)

Ikan guppy sangat mudah diternakkan dan cocok bagi para pemula. Ikan kecil ini hamil antara 24 hingga 28 hari mengikuti suhu air. Suhu ideal bagi ikan gupi adalah sekitar 27 °C (72 °F). Ikan guppy memiliki keunikan dimana mereka mengandung dan melahirkan anaknya. Setelah terjadi pembuahan, bagian perut betina akan membesar khususnya di bagian bawah dubur yang berbercak hitam. Semakin mendekati kelahiran, anak ikan guppy semakin terlihat jelas dari dinding perut induknya yang tipis. Jumlah anak yang dilahirkan berkisar 10 hingga 100 ekor. Induk ikan guppy dapat siap kembali menerima pembuahan hanya dalam rentang waktu 6 hingga 12 jam pasca melahirkan. Anak ikan guppy yang baru saja dilahirkan akan segera mandiri dalam waktu yang singkat. Mereka mampu berenang mencari makanan secara bergerombol dan menyelinap diantara tanaman air. 

Ikan guppy dewasa terkadang akan memakan burayak anaknya sendiri apabila lapar atau populasi terlalu padat. Sehingga disarankan untuk segera memisahkan anakan ikan guppy jika proses kelahiran telah selesai. "Burayak guppy akan tumbuh dengan cepat." Mereka hanya memerlukan waktu maksimal 2 bulan mencapai kematangan seksual dan bisa bereproduksi seperti kedua induknya. Pada ikan guppy jantan, sirip duburnya berubah menjadi gonopodium yang berfungsi untuk menginjeksikan sperma ke dalam kelamin betina. Sedangkan ikan betina juga memiliki keunikan mampu menyimpan banyak sperma di dalam perutnya sehingga dapat beranak berulang kali hanya dengan sekali pembuahan.

Kunci meluasnya habitat liar ikan guppy tidak lain karena kemampuan ikan guppy yang mudah beradaptasi dengan lingkungan perairan dan sumber makanan. Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan isi perut ikan guppy yang di ambil dari danau Buyan Bali didominasi oleh tumbuhan zoo plankton sedangkan guppy yang hidup di Danau Batur kaya akan bahan organik. Ikan guppy dapat juga hidup diperairan payau dengan toleransi hingga 150% salinitas air laut.



sumber
media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar