Minggu, 31 Januari 2016

Jurnal Seorang Guppy Lovers Tentang Memelihara Ikan Guppy


RESIZED_EDIT_DSC_4566_1_1
http://i1.wp.com/www.ericarianto.com
Ceritanya, ini bakal jadi sejenis journal dari hobby fish-keeping gue.
Setelah setaunan piara ikan cupang, mulai bulan Februari lalu, coba piara ikan yang (sedikit) lebih rewel: ikan guppy.

Pertama-tama, coba piara 4 ekor.  Ternyata ada 1 ekor yang bully temen-temennya. Karena sok tau, si bully ini dipindah ke aquarium lain.  Setelah beberapa minggu, kelihatan sudah agak calm down, dipindah lagi bareng temen-temennya. bener lho, sifat bully nya agak berkurang, malah cenderung pendiem. Gak lama, si bully ini malah mati (-__-!!)

Sesudah itu, gak dikutak-kutik lagi, tetep bertahan dengan 3 ekor guppies, dan relatif baik-baik aja.

Disaster

Bencana mulai muncul sepulang liburan dari Legoland. Ceritanya, bulan puasa tahun ini, kami sekeluarga jalan-jalan ke Legoland dsk selama seminggu. Selama ditinggal, urusan kasih makan ikan diserahkan pada pembantu harian.

Sepulang liburan, dihitung, ikan masih lengkap, jadi gak ada masalah. Cuma, makanannya kelihatan kena air, jadi lembab dan agak bau. Mungkin basi.

Bersamaan dengan itu, karena udah gak akan liburan yang lama (mingguan) sampe tahun depan, pengen coba tambah ikan. Pilihannya, seperti biasa, belanja di pasar ikan sumenep, beli 5 guppies baru. Makanan yang basi tadi dibuang, dan gak beli yang baru. Guppies lama dan baru dikasih makan tetra bits, karena dilihat di tempat jualan ikan juga dikasih makan itu.

Diperhatiin, koq agak aneh. Setiap dikasih makan, kelihatan mereka mendekat tapi cenderung cuek. Memang sih, mungkin dimakan sedikit-sedikit, tapi gak sampai habis. Sering juga kelihatan sisa makanan nyangkut di sela-sela tanaman. Akhirnya mulai deh, satu per satu guppy pada mati. Sampai akhirnya, 8 ekor (3 yang lama dan 5 yang baru) habis, mati semua.

Troubleshooting

Dipikir-pikir, faktanya adalah sebagai berikut:
  • Yang mati cuma guppies. Di aquarium ada ikan otto, udang, keong, semua masih hidup
  • Guppy lama dan baru semua mati
  • Problem muncul setelah liburan
  • Beberapa guppy sempat dipindah ke aquarium lain, dan mati juga
Dari situ, pikir-pikir, kemungkinannya adalah:
  • Makanan gak cocok, ikan guppy jadi kurang kuat
  • Ikan guppy yang baru dibeli bawa penyakit. Seharusnya ikan baru dikarantina dulu
Sekarang, baru aja beli lagi 6 ekor guppies, bersama makanannya. Merk makanannya sama dengan yang dulu pernah punya. Sampe di rumah, ikan langsung dimasukkan ke aquarium. Karena ikan-ikan yang lama sudah habis, jadi gak perlu karantina.

So far kelihatan masih sehat, pada lahap makan, dan lincah. Yang mengkhawatirkan cuma 1 ekor yang agak pendiam sejak beli. Sering melipir ke tanaman, dan sering nongkrong di permukaan. Mudah-mudahan sih memang sifatnya begitu. Yang jelas, kalau dikasih makan sih masih lincah.

Sekalian juga belajar moto aquarium nih…. Rada susah juga, karena objeknya ada di balik kaca, jadi fokusnya agak ngaco. Setelah dicoba manual focus, ternyata hasilnya lebih bagus. Meskipun agak susah karena objectnya gerak terus.



media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar