Selasa, 26 Januari 2016

Pelatihan Ternak Guppy Untuk Buka Usaha Di Yogyakarta


???????????????????????????????
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
???????????????????????????????
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
???????????????????????????????
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com
???????????????????????????????
https://forumguppyyogyakarta2013.files.wordpress.com


( SEBUAH LAPORAN TENTANG PELATIHAN TERNAK GUPPY DI YOGYAKARTA ) 
Sebuah berita gembira bagi pencinta dan pemerhati dunia guppy , baru-baru ini diadakan acara pelatihan budidaya ikan hias guppy bagi masyarakat lingkungan padat yg berada di pinggiran kali Code Yogyakarta , tepatnya kelompok pemuda yg dipilih sebagai tahap awal dari sepuluh KK masing-masing di wakili satu pemuda utk di berikan keterampilan beternak guppy sebagai alternatif bidang usaha yg dapat di lakukan dengan berbagai keterbatasan yg dimiliki .

Semua berawal dari beberapa tulisan dan artikel yg saya posting di Internet ditambah oleh peliputan oleh beberapa media tentang usaha ternak guppy yg saya geluti , ternyata salah seorang pengurus LSM dari Universitas Gajah Mada yg membawahi bidang pengabdian kepada Masyarakat yaitu Bpk. Sigit , melalui kelompok Swadaya Masyarakat yg telah terbentuk , tertarik utk memberikan alternatif bidang usaha yg dapat di lakukan dgn modal dan keterbatasan yg ada namun memberikan hasil yg cukup besar , setelah melakukan berbagai penelitian , beliau tertarik dgn budidaya ikan guppy yg mempunyai beberapa sisi keunggulan yg tidak di temukan di banding pilihan ternak yg lain seperti ayam Hias , burung berkicau , ternak kelinci dll.

Beberapa sisi ke unggulan tsb antara lain bahwa ternak guppy utk skala rumah tangga tidak membutuhkan lahan besar , mengingat masyarakat di pinggir kali Code ini adalah pemukiman padat dgn lahan yg sangat-sangat terbatas, kedua masyarakat yg ada , kondisi perekonomiannya rata-rata sangat terbatas maka pilihan Ternak ikan guppy sangat lah tepat karena modal awalnya tidak memerlukan dana yg besar namun memberikan hasil yg signifikan sebagai tambahan income keluarga bila ditekuni , ketiga – ternak ikan guppy ini tidak menghasilkan limbah maupun polusi yg di timbulkan baik berupa bau , kotoran , suara serta tidak mengganggu tetangga kiri dan kanan semua berjalan sunyi senyap namun terus berproduksi dan menghasilkan fulus , dari ketiga pertimbangan itulah yg kemudian menjadi dasar bagi masyarakat di Ledok Code ini yg selanjutnya melalui ketua pemudanya Mas Sugeng mengundang saya sebagai pembicara dan juga menyediakan bibit awal ikan guppy dalam acara pelatihan Guppy yg diadakan pada hari ini tgl 4 Pebruari 2015 di balai RK – Ledok Code Rt 18 – Rw 04 Kelurahan Kota baru –Kecamatan Gondokusuman – Yogyakarta , selain saya sendiri sebagai pembicara , turut serta pula saya libatkan sebagai pembicara tambahan yaitu Sdr. Lilik yg merupakan peternak guppy sekaligus juga pelaku pasar yg sering mensuplai Guppy ketoko -toko ikan hias di sekitaran DIY – sekaligus sebagai sumber informasi yg referesentatif mengenai pangsa pasar ikan guppy di Yogyakarta secara khusus .

Acara berlangsung meriah dan lancar , setelah mendengar penjelasan dan pencerahan serta lika liku dan prospek maupun tantangan pasar yg terbuka lebar terbentang di dunia guppy , para peserta sangat antusias utk mengembangkan usaha budidaya guppy ini kedepannya agar lebih besar lagi skalanya yaitu akan melibatkan satu RW bahkan bila memungkinkan satu Kelurahan , selain sebagai pilot proyek juga sebagai upaya membuka lapangan pekerjaan dan pengentasan pengangguran yg ada ditiap wilayah kelurahan tsb.

Akhir Tulisan ini saya mengutip tulisan Sdr. Lie Yuk sin salah seorang peternak guppy yg sukses di kota Lampung sbb :

"Sekedar wacana; jika punya lahan 2,5m x3m..di teras atau teritisan rumah…itu sudah memadai untuk ternak ikan guppy.bila di buat 2 rak 3 tingkat dengan lebar40 cm dan panjang 3m.itu bisa menampung 15 x 3 =45 aquarium..ukuran 20×40 cm.jika dibuat 2 rak sisi kiri-kanan..sudah 90 aquarium tertampung. 1 aquarium 5 ps ikan guppy sampai dewasa umur 3 bln. Berati (5×90):3 =150 ps guppy siap jual..jika nilai jual rp.50rb saja/ps..maka menghasilkan rp. 7.500.000."

Layak kah beternak guppy di jalankan? Tulisan ini sebagai pertimbangan utk memotivasi dan alternatif pemikiran bagi mereka yg mau berusaha dan keberhasilannya Insya Allah menjadi milik bagi mereka pantang berputus asa juga bagi mereka yg mau bekerja keras ………….


media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar