Rabu, 06 Januari 2016

Tips-Tips Mengembangbiakkan Ikan Guppy


Ikan guppy memiliki warna-warna yang indah, wajah yang lucu, dan mudah dipelihara. Apa lagi yang Anda inginkan dari ikan? Kalau Anda ingin akuarium Anda diramaikan oleh ikan-ikan cantik ini, Anda perlu mempelajari budidayanya dan merawat anak-anak ikan guppy.
Iklan

Membiakkan Ikan Guppy


Gambar berjudul Breed Guppies Step 1
1
Pilih ikan-ikan yang Anda ingin biakkan. Perhatikan jumlah ikan yang Anda biakkan, warna tiap ikan, dan bentuk ekornya. Apabila Anda memilih dua ikan dengan pola warna yang sama untuk dibiakkan, anaknya juga akan memiliki pola warna yang sama. Prinsip yang sama juga berlaku untuk bentuk sirip.
  • Jumlah ikan: Secara umum Anda memerlukan satu jantan dan dua atau tiga ikan guppy betina untuk pembiakkan. Ketika rasionya satu banding satu, ikan jantan sering menjadi agresif, dan mengejar-ngejar ikan betina ke sekeliling tangki. Dengan rasio satu banding tiga, perhatian ikan jantan terbagi di antara tiga betina, membuat pembiakkan menjadi proses yang tidak terlalu membuat stress ikan betina.
  • Pola warna: Ada beberapa pola warna dasar ikan guppy. Di antaranya Wild (abu-abu atau hijau zaitun), Albino (warna terang atau putih dengan mata berwarna merah,) Blond (warna terang dengan pigmen hitam,) and Blue (warna biru berkilauan.)
  • Bentuk ekor: Bentuk ekor ikan guppy mencakup sirip belakang bulat hingga berbentuk seperti pedang. Ada banyak bentuk dan ukuran ekor ikan guppy, tapi yang paling umum adalah Delta (bentuk segitiga besar,) Fantail (berbentuk seperti kipas,) dan Round tail (bentuk kecil bulat.)
Gambar berjudul Breed Guppies Step 2
2
Pilih tangki pembiakkan. Anda harus memilih tangki berukuran 30 hingga 60 liter dengan pemanas dan filter yang lembut. Anda memerlukan filter yang lembut karena dengan filter yang kuat bayi guppy (disebut juga fry) akan terhisap ke dalam filter dan mati. Apabila Anda pikir filternya terlalu kuat. Tutup penghisap filter dengan bahan yang tipis. Bahan tersebut akan membiarkan air tersaring tapi juga melindungi fry.

Gambar berjudul Breed Guppies Step 3
3
Siapkan tangki. Sedihnya, ikan guppy bisa menjadi kanibal, jadi Anda perlu menyiapkan tempat bersembunyi bagi fry setelah mereka lahir. "Fry juga cenderung mudah tenggelam, jadi gunakan tanaman yang mengambang rendah untuk menjaga mereka." Tanaman tinggi juga diperlukan saat fry yang sehat mulai berenang ke atas.
  • Jangan gunakan substrat apapun. Subtrat yaitu batu atau batu imitasi yang digunakan untuk menutup dasar tangki ikan. Tangki yang dasarnya kosong baik untuk fry karena muda dibersihkan dan Anda bisa mencatat berapa banyak fry yang hidup atau seberapa banyak makannya.
  • Lumut Jawa atau alas ikan bertelur menyediakan tempat bersembunyi yang baik untuk bayi ikan guppy.

Gambar berjudul Breed Guppies Step 4
4
Atur keadaan tangki sesuai kebutuhan ikan. Atur agar temperaturnya antara 25 hingga 26.11 C saat ikan jantan dan betina ada di dalam tangki yang sama. Sebelum Anda memasukkan ikan ke dalam tangki pembiakkan, beli pakan dengan nilai nutrisi tinggi untuk menghasilkan pembiakkan yang sehar.

Gambar berjudul Breed Guppies Step 5
5
Masukkan ikan guppy ke dalam tangki pembiakkan. Pada titik ini, yang Anda bisa lakukan hanyalah menunggu hingga ikan Anda berkembang biak. Pindahkan ikan jantan ke tangki biasa ketika Anda melihat bahwa ikan-ikan betina Anda hamil. Anda bisa melihat apakan ikan betina hamil atau tidak apabila ada tanda gelap di perutnya. Tanda ini disebut gravid spot. Semua ikan betina akan sampai pada tahap ini ketika hamil, dan kemudian akan menjadi lebih gelap ketika telur telah dibuahi.

Gambar berjudul Breed Guppies Step 6

6
Mengetahui kapan ikan Anda akan melahirkan. Umumnya periode kehamilan adalah sekitar 26 hingg 31 hari. Ketika ikan guppy betina Anda siap melahirkan, perutnya akan sangat besar dan gravid spotnya akan sangat gelap (atau merah marun gelap apabila Anda memelihara guppy yang albino atau blond.) Perutnya juga akan seperti kotak kardus alih-alih makin bulat. Bersiaplah, guppy akan melahirkan, bukan bertelur. Anda harus memperhatikan dengan sangat ikan-ikan betina yang hamil sehingga Anda ada ketika mereka melahirkan dan Anda bisa memindahkan induknya dari tangki langsung setelah melahirkan (kalau tidak bisa jadi induk akan memakan bayinya.)
  • Tanda-tanda ikan akan melahirkan adalah: bersikap sangat diam dan memisahkan diri, gemetar (kontraksi), beredar di dekat pemanas, atau berubah selera makannya (tidak mau makan, atau memuntahkan makanannya.)


media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar