Rabu, 27 Januari 2016

Wow!!! Guppy Betina Bisa Hamil Hingga 3 Kali Dengan Sekali Masa Kawin

Musim kawin ikan secara alami berlangsung pada saat awal musim hujan atau pada akhir musim hujan. Pada kasus ikan guppy, induk ikan siap kawin pada umur 4 bulan dan hal ini tergantung pada kondisi lingkungan dari tempat guppy itu berada, jika ikan hidup di alam liar.

Dalam proses pemijahan (baca:pembibitan), ikan ini terbilang unik dikarenakan ikan ini dianggap melahirkan anak namun sebenarnya sifat pemijahan ikan ini sama halnya dengan yang dialami ikan hiu yaitu pembuahan terjadi di dalam tubuh induk betina dan telur yang dibuahi menetas dalam tubuh induk, sehingga pada saat menetas benih akan keluar dan terlihat ikan ini melahirkan.

ikan-guppy
http://i1.wp.com/pecintasatwa.com
Lama pemijahan ikan guppy berlangsung selama 4-7 hari, setelah itu induk dipisahkan. Masa “kehamilan” induk betina berlangsung dari 21 hinnga 30 hari, tergantung pada kondisi lingkungan. Ciri-ciri ikan guppy dikatakan “hamil” ialah dengannya munculnya bercak gelap (gravid spot) pada bagaian perut dekat anus dan warna dari bercak ini akan semakin gelap seiring dengan bertambahnya masa “kehamilan” dan waktu “kelahiran” benih ikan. Dalam sekali melahirkan ikan guppy mampu menghasilkan benih hingga 100 ekor. Dikarenakan fertilisasi ikan ini berlansung di dalam tubuh betina atau fertilisasi internal maka pejantan memerlukan alat untuk menyalurkan spermanya ke dalam tubuh betina. Menurut Kottelat et al., (1993) sirip dubur pada ikan jantan mengalami perubahan menjadi gonopodium, yang berfungsi untuk mengeluarkan dan menyalurkan sperma yang akan masuk pada tubuh ikan betina.

Ikan betina mampu “hamil” kembali setelah 1 – 5 minggu setelah prosese “persalinan”, dan uniknya lagi untuk “hamil” kembali ikan guppy tidak perlu dikawinkan lagi dikarenakan betina ikan ini mampu menyimpan sperma didalam tubuhnya dan mampu “hamil” tanpa kawin hingga 3 kali setelah pemijahan dengan jantan. Setelah benih ikan lahir, benih ini mengkonsumsi sisa kuning telur yang berada diperutnya hingga 3-5 hari, setelah itu benih ikan guppy dapat langsung mencari makan sendiri, dan makanan bagi benih ikan guppy ini ialah Artemia, kutu air (Daphnia) dan Moina.


media support and sponsored:
Selamat Datang Pets-Lover...Terima Kasih Sudah Berkunjung Dan Nikmatilah Pelayanan Dari Kami!!!
Pets Lover Indonesia Hamster IndonesiaGuppy Indonesia Jual AnjingJual Kucing Landak Mini MurahJual Sugar Glider img

Tidak ada komentar:

Posting Komentar